ABADI-1-Ibadah Qurban, Harapan Asupan Pangan di Pengungsian-www.infoabadi.org(1)artikel

Ibadah Qurban, Harapan Asupan Pangan di Pengungsian

Ancaman kelaparan di pengungsian semakin menjadi-jadi, Idul Qurban dapat menjadi solusi untuk cukupi asupan daging berprotein tinggi.

Infoabadi.orgIdul qurban menjadi momentum ibadah dengan nilai sosial yang tinggi, tidak hanya menjalankan ketaatan hamba kepada sang pencipta, tetapi juga menguatkan persaudaraan sesama. Bahkan dengan berqurban, dapat membantu asupan gizi bagi penduduk di pengungsian. Bagaimana kaitan lebih jauh qurban sebagai ibadah sosial? Simak selengkapnya di laman Amal Bakti Dunia Islam, lembaga penghimpun donasi Palestina terpercaya.

Minimnya Pangan Bergizi di Pengungsian

ABADI-1-Ibadah Qurban, Harapan Asupan Pangan di Pengungsian-www.infoabadi.org(2)
(Proses pemotongan daging qurban/Sumber: Daily News)

Konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia telah berakibat serius pada warga sipil setempat. Sehingga menyebabkan banyaknya penduduk yang terpaksa meninggalkan rumah dan  menjalani hidup di pengungsian, dengan berbagai macam keterbatasan. Tidak hanya soal tempat tinggal yang terbatas serta bersifat sementara, dalam hal pemenuhan gizi, makanan yang disajikan pun tak jarang hanya ala kadarnya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Badan PBB untuk pengungsi (UNHCR), menemukan hasil bahwa 70%  kelaparan terjadi di pengungsian semenjak virus Covid-19 melanda. Para pengungsi lebih mengkhawatirkan kelaparan semakin menjadi-jadi ketimbang virus yang sedang mewabah di seantero negeri. Sehingga momentum Idul Adha menjadi salah satu hari raya yang ditunggu para pengungsi, untuk dapat merasakan lezatnya daging penuh gizi.

Baca juga: Kenali Diri dan Tentukan Kemana Arah Tujuan Hidupmu

Ibadah Qurban Sebagai Upaya Meraih Takwa dan Bernilai Sosial

ABADI-1-Ibadah Qurban, Harapan Asupan Pangan di Pengungsian-www.infoabadi.org(3)
(Potret muslim di Suriah saat Idul Adha tiba Sumber:Radio

Kondisi kelaparan yang dialami pengungsi, juga masyarakat dan keluarga dhuafa lainnya, tidak kali ini saja terjadi. Kondisi serupa juga telah menjadi ancaman serius bagi negara yang masih dijajah hingga hari ini seperti Palestina. Mayoritas penduduknya mengandalkan bantuan dari internasional, walau dana bantuan semakin mengalami penyusutan setiap waktunya.

Baca juga: Masjid Istiqlal Indonesia Simbol Kemerdekaan Palestina

Keadaan ini menjadi gambaran besar bagi kita semua, bahwa hikmah Allah Swt. memerintahkan ibadah qurban, tidak hanya semata sebagai upaya untuk mengikuti sunnah yang ganjaran pahalanya berlimpah. Tetapi juga sebagai sarana meraih ketakwaan dan memiliki manfaat sosial yang tinggi bagi masyarakat yang membutuhkan. Ibadah qurban juga dapat membantu asupan makanan berprotein tinggi dari daging-daging segar hasil sembelihan para mudhahy (pekurban). (itari/infoabadi)

(Sumber: UNHCR)

Leave a Reply